Senin, 20 Januari 2014

Advan S5G, Penantang Serius di Kelas Ponsel Jumbo

Advan S5G, Penantang Serius di Kelas Ponsel Jumbo Label: advan, android murah, android phone, smartphone

" Hah! Ponsel lokal harganya Rp 3,5 juta? Kemahalan. Ponsel lokal wajarnya sih Rp 1 jutaan ". Pernah mendengar kalimat tersebut? ...

"Hah! Ponsel lokal harganya Rp 3,5 juta? Kemahalan. Ponsel lokal wajarnya sih Rp 1 jutaan". Pernah mendengar kalimat tersebut? Ya, kalimat ini kadang kerap dilontarkan pengguna ponsel Tanah Air saat menakar harga ponsel lokal.

Memang, ponsel merek lokal masih belum bisa lepas dari stereotype 'murah dan punya kualitas seadanya'. Padahal kenyataannya tak selalu seperti itu.

Meski banyak yang bermain di kelas menengah ke bawah dengan menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan ponsel branded, tetapi vendor merek lokal ada pula yang ingin naik kelas dengan menyodorkan perangkat premium untuk segmen menengah ke atas.

Dari sisi kualitas mereka terus berbenah agar tidak kalah dengan ponsel branded. Namun imbasnya, ya harganya tak bisa di kisaran Rp 1 jutaan. Ini untuk mewujudkan keinginan untuk mendapatkan perangkat dengan kualitas mumpuni.

Salah satu vendor yang kini menggembar-gemborkan bahwa produknya berkualitas premium bukan murahan adalah Advan. Perusahaan yang punya pabrik di kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah ini terus berusaha menghapus cap negatif vendor lokal yang murah dan murahan.

Salah satu produk yang dijagokan adalah Advan S5G. Ini merupakan phablet yang diklaim akan menjadi penantang serius di kelas ponsel jumbo alias phablet. Lantas, bagaimana kemampuan seharga Rp 3,5 juta ini? Berikut reviewnya:

1. Desain
Jauh dari kesan murahan, berikut kesan pertama saat melihat Advan S5G. Perangkat ini dikemas dengan layar selebar 5,7 inch Full HD kapasitif. Ukurannya terasa pas untuk sebuah phablet.

Termasuk saat dibekap dalam genggaman tangan, melakukan navigasi pada phablet ini dengan satu tangan pria dewasa pun bisa dilakukan dengan mudah. Dan yang lebih penting adalah ketika digunakan untuk menelpon, Advan S5G tak terlihat aneh karena terlalu besar. Jadi dari ukuran memang pas!

Dengan layar Full HD beresolusi 1920x1080 pixel, ponsel jumbo ini pastinya menawarkan tampilan menjanjikan. Bisa dibilang dari sisi display, ia sudah selevel dengan produk kelas atas lainnya.

Tampilan jernih dan tajam menjadi keunggulan Advan S5G. Terlebih batas antara bezel dan layar juga tak terlalu lebar. Sehingga ia jadi lebih enak dilihat serta membuatnya jadi lebih ringkas.

2. Kamera 18 MP
Kamera 18 megapixel? Ya, ini memang tidak familiar di pasaran. Sebab produk lain rata-rata 'cuma' membenamkan kamera 8 MP atau 13 MP di perangkat besutannya. Memang, ada yang hadir dengan kamera 20 MP, atau bahkan 41 MP.

Namun yang pasti, dengan mengusung kamera 18 MP -- yang merupakan angka tidak biasa untuk sebuah sensor kamera  --  Advan ingin 'menggelitik' pengguna. 

Pun demikian, berapapun angkanya, toh yang lebih penting adalah kualitas kamera yang dihasilkan dalam mengabadikan gambar.

Nah, di Advan S5G sendiri, jika bicara kualias sejatinya tak terlalu mengecewakan. Memang, awalnya dengan embel-embel '18 MP', pasti ada ekspektasi khusus akan kualitas dari kamera ini yang (mungkin) jauh melebihi ponsel berkamera 8MP atau 13 MP.

Namun nyatanya hal itu sulit dibandingkan. Tetapi secara umum, dari segi kualitas gambar yang dihasilkan, secara umum kamera Advan S5G tak kalah dengan perangkat kelas atas lainnya.

Advan sendiri mengklaim, dengan resolusi 18 megapixel, hasil jepretan Advan S5G setara dengan kamera digital dan bisa dicetak dengan ukuran benner 1 meter x 1.5 meter dengan hasil yang tidak pecah.

Berbagai scene mode bisa dijumpai, seperti portrait, lanscape, night potret, steady photo, firework, dan lainnya. Begitu juga dengan colour effect:  sepia, negative, mono, serta blackboard. Tak ketinggalan pengaturan exposure  dan white balance.

Ketika mencoba untuk melakukan pengambilan gambar dalam beberapa kondisi. Seperti suasana jalan raya dimana kendaraan yang lalu-lalang sedang tancap gas. Termasuk saat kondisi temaram untuk mengeker keyboard Macbook Air.

Oh iya, kamera Advan S5G juga memiliki fitur panorama yang bisa memotret obyek dengan angle lebih banyak kemudian secara otomatis kamera akan menjahit beragam angle gambar menjadi satu gambar menarik.

Fitur ini  biasanya digunakan untuk meng-capture nuansa yang lebih variatif, sehingga gambar yang dihasilkan benar-benar memberi nuansa berbeda. Fitur panorama yang dimiliki Vandroid S5G bisa disetting sampai 360 derajat. Dengan demikian gambar di sekeliling bisa terekam menjadi satu kesatuan.

Pengguna juga bisa merekam momen yang memiliki gerakan cepat, seperti balapan mobil, orang berlari, dan lainnya.

Moment-moment tersebut bisa direkam secara cepat dan detail dari gerakan satu ke gerakan berikutnya dengan fitur continuous shot yang mencapai 99 frame

3. Performa
Dapur pacu Advan S5G dikebuli dengan prosesor Cortex A7 Quad Core 1.5 GHz, RAM 1 GB, dan memori internal 32 GB.

Di atas kertas, untuk prosesor cukup mentereng, apalagi ada embel-embel prosesor empat inti. Termasuk untuk memori internal yang sudah lega. Mungkin yang kurang menonjol adalah dari sisi RAM, yang cuma 1 GB.

Namun ketika dijajal di lapangan. Advan S5G nyatanya bisa melahap berbagai tugas yang diberikan. Saat dinavigasikan secara umum respons yang diberikan terbilang cepat. Sapuan jemari dapat 'berdansa' di layar lebarnya dengan lihai. Dan perpindahan antar layar juga cepat.

Termasuk saat digeber dengan menjalankan video berkualitas HD dan memainkan sejumlah game, Advan S5G mampu tampil memuaskan. Tapi ketika penggunaan cukup lama, seperti biasa bagian belakang mulai 'berkeringat' alias terasa hangat.

Penasaran, ketika dicoba melakukan benchmark dengan beberapa aplikasi benchmarking populer. Dengan aplikasi Quadrant, Advan S5G menorehkan angka 4436. Dalam data Quadrant, hasil ini berada di atas nilai Asus Transformer Prime, Samsung Galaxy Tab 10.1, LG Optimus 2X, dan Nexus S. Tapi Advan S5G masih di bawah HTC One X.

4. Kesimpulan
Bagi Anda yang menginginkan perangkat phablet yang bisa diandalkan -- dalam arti tak cuma menang karena berlayar besar namun performanya juga mumpuni -- Advan S5G bisa dipertimbangkan.

Apalagi harga perangkat ini lebih ramah kantong dibandingkan perangkat yang jauh lebih populer. Lumayan, perbedaannya bisa mencapai beberapa juta rupiah, jika dibandingkan Samsung Galaxy Note 3 dan OPPO N1.

Namun memang, dari segi fitur, Advan S5G terbilang biasa. Tak ada fitur spesial layaknya perangkat kelas atas lainnya yang mampu membuat pengguna mengucap 'wow'. 

Memang hal ini bisa ditutupi dengan kehadiran fitur standar yang mampu berjalan optimal. Namun tak ada salahnya juga kan jika pengguna menginginkan fitur keren yang bisa dipamerkan ke teman-teman dan pengguna ponsel lainnya?

Kelebihan:
+ FItur berjalan optimal
+ Harga murah

Kekurangan
- Tak ada fitur spesial
- Brand belum terlalu populer 

Spesifikasi Advan S5G:

- Screen: 5,7 inch Full HD Capacitive Screen
- Processor: Cortex A7 Quad Core 1.5 GHz
- OS: Android Jelly Bean 4 .2
- Memory: 32 GB
- RAM: 1 GB
- Camera: Dual (rear AF 18mp) front 5 mp
- Sim Card: Dual Sim : Micro & Standard
- WiFi: 802.11 b/g/n
- Bluetooth: Verse 4.0
- Micro SD: Micro SD Up to 32 GB
- Battery: 2.500 mAh
- Jaringan: 3G Call, SMS, Internet Browsing, SMS, GPS.

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Kirim Iklan
Press Esc to close
Copyright © 2013 Toko Handphone Ponorogo All Right Reserved