Jumat, 03 Januari 2014

Android Rebut Tahta Ponsel Sejuta Umat

Android Rebut Tahta Ponsel Sejuta Umat Label: android, android murah, android phone

Tak dapat dipungkiri bahwa sistem operasi Android saat ini sedang merajalela. Pengguna ponsel yang memakai OS Android banyak dijumpai di s...

Tak dapat dipungkiri bahwa sistem operasi Android saat ini sedang merajalela. Pengguna ponsel yang memakai OS Android banyak dijumpai di sekitar.

Boleh dibilang, ponsel Android sudah bisa dijuluki sebagai ponsel sejuta umat. Sebuah gelar yang pada zaman dahulu identik dengan Nokia.

Ya memang pada zaman dahulu, ponsel Nokia begitu banyak digunakan sehingga mendapat julukan tersebut. Namun akhirnya, masa kejayaan mereka berakhir.

Lalu, apa saja fakta menarik soal Android dan mengapa ia layak disebut sebagai OS ponsel sejuta umat? Simak berikut ini.

1. Menguasai pangsa 81%

Penelitian dari biro riset Strategy Analytics menyebutkan bahwa dari 251 juta smartphone yang dikapalkan di seluruh dunia pada kuartal III 2013, 81% di antaranya memakai Android.

"Dominasi Android mencapai titik tertinggi di kuartal III 2013, dengan empat dari lima ponsel memakai Android. Adapun BlackBerry menurun menjadi hanya 1% karena lemahnya performa perangkat BlackBerry 10," tukas Scott Bicheno, analis di Strategy Analytics.

"Apple juga kehilangan pasar melawan Android karena tidak terdengar gaungnya di pasar smartphone murah," tambah Scott.

Kedigdayaan Android tergambar jelas dalam riset Strategy Analytics ini, dengan pangsa pasar yang sangat jauh dari lawan-lawannya.

2. Dipakai banyak vendor

Sifat Android sebagai sistem operasi open source yang dapat digunakan siapapun tanpa biaya, membuat begitu banyak vendor ponsel memakainya.

Produsen ponsel raksasa seperti Samsung, LG, HTC sampai Sony, semuanya mengandalkan Android. Mereka memodifikasi software Android ataupun menambahkan fitur khusus sebagai diferensiasi.

Begitupun produsen ponsel yang bermain di pasar lokal negara tertentu, biasanya memproduksi ponsel Android. Di Indonesia, ada nama seperti Evercoss, Mito, ataupun Maxtron.

Banyaknya vendor yang mengadopsi Android membuktikan bahwa OS ini memang tengah berada di puncak popularitasnya.

3. Ada 1 milyar aplikasi di Play Store
Aplikasi sudah menjadi menu wajib di sebuah smartphone. Seiring popularitas Android, para developer pun ramai-ramai mengembangkan aplikasi untuk Android.

Di toko aplikasi Google Play Store, tercatat jumlah aplikasinya sudah tembus 1 miliar sampai bulan Juli 2013.

Sedangkan jumlah download yang dilakukan para pengguna Android, sudah mencapai lebih dari 50 miliar kali.

Hampir semua aplikasi populer ada di Play Store. Termasuk Instagram, Path, WhatsApp, Candycrush dan begitu banyak lainnya.

4. Favorit serangan program jahat
Semakin tinggi popularitas sistem operasi biasanya berbanding lurus dengan jumlah program jahat yang mengincarnya. Tidak terkecuali dengan Android.

Sejumlah penelitan dari perusahaan sekuriti membenarkan ancaman program jahat di Android terus bertambah. Malah dalam studinya, Department of Homeland Security (DHS) yang berkolaborasi dengan FBI (Federal Bureau and Investigation) mengatakan Android merupakan magnet bagi serangan malware.

DHS dan FBI mengungkapkan serangan yang mengincar perangkat Android memiliki porsi terbesar dengan 79 %. Sementara serangan pada perangkat iOS hanya menorehkan porsi tidak sampai 1 % atau tepatnya 0,7 %.

Terbesar kedua ternyata adalah Symbian, sistem operasi yang telah dihentikan pengembangannya tersebut memiliki porsi kerentanan terhadap serangan malware sebesar 19 %. Diikuti oleh Windows Phone dan BlackBerry yang masing-masing hanya memiliki porsi hanya 0,3 %.

5. Harga ponsel terjangkau
Salah satu yang membuat ponsel Android merajalela adalah, banyak vendor yang menawarkan model dengan harga terjangkau. Terutama, vendor ponsel lokal di negara negara tertentu.

Memang, ponsel Android dijual dalam berbagai rentang harga. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin mahal harganya.

Namun bagi yang ingin sekadar mencoba ponsel Android dan tidak memusingkan performa atau spesifikasi, bisa memilih handset Android harga terjangkau.

Malah, beberapa vendor ponsel ada yang menawarkan Android seharga kurang dari Rp 1 juta.

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Kirim Iklan
Press Esc to close
Copyright © 2013 Toko Handphone Ponorogo All Right Reserved