Senin, 06 Januari 2014

Nokia Lumia 1020, Smartphone Berkamera Super!

Nokia Lumia 1020, Smartphone Berkamera Super! Label: nokia lumia, phablet, smartphone

Kamera adalah salah satu aspek yang sangat dipertimbangkan saat akan membeli sebuah smartphone. Tidak jarang orang terpikat akan sebuah mod...

Kamera adalah salah satu aspek yang sangat dipertimbangkan saat akan membeli sebuah smartphone. Tidak jarang orang terpikat akan sebuah model karena tergoda dengan angka megapixel yang ditawarkan. Hal inilah yang akhirnya memicu perang megapixel antar vendor-vendor raksasa dan Nokia adalah salah satunya.

Produsen telepon seluler asal Finlandia yang tengah mencoba mengembalikan dominasi mereka ini melakukan lompatan. Dengan merilis Lumia 1020 yang dilengkapi kamera 41MP, Nokia telah membuat standar baru tentang kualitas kamera pada sebuah smartphone.

Resolusi kamera sebesar itu bukan yang pertama diproduksi Nokia. Sebelumnya,’raja’ telepon selular awal tahun 2000-an ini sudah pernah merilis Nokia 808 Pureview yang dilengkapi kamera 41MP. Hanya saja smartphone tersebut masih menggunakan OS Symbian Belle sehingga kurang menarik perhatian publik.

Dengan melepas seri Lumia 1020 yang berjalan pada platform Windows Phone, Nokia ingin bisa bicara lebih banyak dan tentunya mampu bersaing dengan produsen lainnya. Semenarik apakah Lumia 1020? Mari melihatnya lebih dekat lewat review berikut ini.


1. Bodi gemuk khas Lumia

Seperti seri Lumia lainnya, desain dari 1020 kurang lebih sama. Bentuk persegi panjang dan bodi 'gemuk' yang rata di bagian atas dan bawah masih bisa ditemui pada Lumia 1020.

Dengan ketebalan 10.4 mm, smartphone ini tampak sangat berisi jika dibandingkan dengan iPhone 5, Galaxy S4, atau HTC One.

Meski tebal dan punya bobot yang terbilang berat, 158 gram, Lumia 1020 ini ternyata mantap saat digenggam. Konstruksi unibodi dan balutan polycarbonate membuatnya terasa lebih solid dan tidak licin di tangan.

Desain dari bagian depan memang mirip dengan Lumia lainnya, tapi bagian belakang dari 1020 memiliki perbedaan yang sangat menonjol.

Modul hardware kamera dengan resolusi 41 MP tentunya membutuhkan ruang yang besar dan itu terlihat saat menengok punggung dari Lumia 1020. Area berbentuk lingkaran hitam di tengah warna kuning yang dominan jelas mencuri perhatian.

Adanya daerah yang menggembung tadi memang membuat tangan terasa asing saat menggengamnya. Wajar saja, karena pada umumnya bagian belakang dari sebuah telepon selular dibuat rata.

Untuk letak tombol tidak ada yang terlalu berbeda. Tombol volume, power, dan shutter kamera semuanya berjajar pada sisi kanan bodi. Speaker dan port micro USB terletak di bagian bawah dan 3.5mm headphone jack terdapat pada sisi atas.

2. Layar Sempit Cemerlang dan Hemat Energi
Sektor ini adalah salah satu poin yang cukup mengecewakan dari Lumia 1020. Dengan ukuran bodi yang lebih besar dari Samsung Galaxy S4, layar pada Lumia 1020 tidak lebih luas dari HTC One.

Bezel yang tampak begitu lebar di sekitar layar memakan tempat yang tidak sedikit dan membuat bentang panel pada Lumia 1020 hanya tersisa seluas 4.5 inch. Sangat kontras dengan ukuran bodinya yang setara smartphone  berlayar 5 inch.

Resolusi yang ditawarkan juga 'hanya' 1280 x 768 atau masih belum masuk kategori full HD. Ini tentunya menjadi kekurangan tersendiri karena Lumia 1020 sejatinya adalah smartphone flagship, setidaknya sebelum Lumia 1520 diluncurkan.

Walaupun kecil dan belum full HD, gambar yang ditampilkan memiliki kualitas reproduksi warna yang baik. Tingkat kecerahan, kontras, saturasi dan viewing angle juga patut diacungi jempol.

Dengan menggunakan jenis AMOLED, layar pada Lumia 1020 tidak memakan daya baterai yang banyak. Apalagi jika pengguna memakai theme dark dan wallpaper berwarna hitam. Pada layar bertipe AMOLED bagian berwarna hitam memang benar-benar tidak menyala meskipun smartphone diaktifkan.

Ini tentu menjadi hal positif yang membuat baterai dari Lumia 1020 menjadi lebih tahan lama. Apa lagi jika melihat angka yang ditawarkan pada baterai smartphone ini terbilang kecil.

3. Hardware Biasa, Performa Tidak Biasa
Sebenarnya tidak ada yang spesial dengan jeroan yang ditanamkan pada Lumia 1020. Prosesor dua inti Snapdragon S4 1.5 GHz besutan Qualcomm yang dipadukan dengan RAM 2GB memang bukan sesuatu yang terlihat wah untuk ukuran sebuah smartphone unggulan.

Beralih ke  baterai yang (lagi-lagi) biasa saja. Kapasitas daya pada Lumia 1020 cuma 2.000 mAh. Sangat kecil jika dibandingkan smartphone kelas atas lainnya yang umumnya punya kapasitas di atas 2.300 mAh.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah Lumia 1020 ini berjalan dengan Windows Phone. OS yang tidak perlu sumber daya besar agar bisa berjalan lancar dan optimal.

Dengan spesifikasi yang disebutkan di atas, smartphone ini sudah mampu menjalankan berbagai aktivitas tanpa ada kendala berarti. Baterainya pun termasuk awet dan mampu bertahan kurang-lebih 18 jam dalam penggunaan daam intensitas sedang.

Ruang penyimpanan yang tersedia pada Lumia 1020 adalah sebesar 32 GB (21 GB yang bisa digunakan) dan tidak didukung dengan slot micro SD untuk menambah kapasitas. Sekilas kapasitas 32GB tadi memang terlihat cukup lega, tapi yang perlu diingat adalah smartphone ini mempunyai kamera dengan resolusi besar, 41MP.

Karena daya tarik utama dari smartphone ini adalah kamera, penggunanya pasti akan banyak memakainya untuk mengambil foto. Satu buah foto yang dihasilkan Lumia 1020 rata-rata memakan space 12-15 MB. Jelas sebuah angka yang besar untuk sebuah file foto.

Jadi jika terdapat 100 foto saja di galeri, secara kasar sudah sekitar 1.5 GB yang terpakai. Belum lagi jika pengguna menambahkan aplikasi, file musik dan film dalam jumlah besar. Kapasitas yang ada tadi akan cepat terkuras.

4. Kamera Super
Resolusi 41 MP, optik ZEISS, Xenon Flash dan OIS (Optical Image Stabilization) yang hadir pada kamera Lumia 1020 tentu menjadikannya terlihat sangat superior di antara kamera-kamera pada smartphone lainnya.

Untuk mengambil foto dengan Lumia 1020, pengguna bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan Windows Phone, Nokia Pro Cam atau Nokia Smart Cam. Akan tetapi untuk dapat lebih memaksimalkan kemampuan dari Lumia 1020, maka lebih baik gunakan Nokia Pro Cam atau Nokia Smart Cam.

Ketika mengambil sebuah foto, Lumia 1020 akan menyimpannya dalam dua resolusi berbeda. Satu sebesar 38MP (34 MP untuk skala 16:9) dan yang lainnya oversampling 5MP.

Foto dengan resolusi full 38 MP tadi adalah file yang bisa diutak-atik lewat aplikasi Nokia Pro Cam. Sedangkan foto oversampling 5MP adalah file yang bisa dilihat pada gallery dan dapat dipakai untuk share di social media.

Kemampuan untuk melakukan reframe adalah satu fitur dari Nokia Pro Cam yang sangat menarik untuk dieksplor. Dengan melakukan reframe, pengguna bisa melakukan zoom in/out dan rotate untuk mendapatkan komposisi foto yang diinginkan.

Hadirnya resolusi yang sangat besar tadi membuat detail-detail pada foto tetap terjaga dengan baik meskipun di-zoom in hingga maksimal.

Lalu apakah foto dengan resolusi 38 MP hanya dapat diedit lewat aplikasi Nokia Pro Cam saja? Tentu tidak. File dengan resolusi besar tadi tetap dapat diakses saat smartphone ini terhubung ke komputer lewat USB.

Selain fitur reframe, kontrol yang begitu leluasa adalah kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh Lumia 1020. Pengaturan ISO, brightness, white balance, fokus, bahkan shutter speed bisa diatur secara manual dengan sangat mudah. 

Keleluasaan kontrol seperti itu tentunya merupakan kabar gembira bagi mereka yang senang bereksperimen dengan setting untuk mendapatkan foto terbaik.

Untuk pilihan modus pengambilan gambar, apa yang ditawarkan Lumia 1020 bisa dikatakan biasa saja. Selain fitur manual dan auto, pilihan yang tersedia pada Nokia Pro Cam hanya mode night dan juga sport.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain Nokia Pro Cam, Lumia 1020 juga memiliki Nokia Smart Cam. Best Shot, Action Shot, dan kemampuan untuk menghilangkan objek tertentu adalah fitur yang ada pada Nokia Smart Cam.

Berikut ini adalah beberapa sample foto yang diambil menggunakan Lumia 1020. Untuk ukuran asli bisa dilihat di http://bit.ly/1hWmfyT





Bicara soal kamera pada smartphone tentu tidak lepas dari kualitas video yang dihasilkan. Dengan Lumia 1020, pengguna bisa dapat mengambil video beresolusi full HD 1080p (30 FPS) dengan kualitas yang sangat baik.

Dukungan teknologi canggih pada kamera berkontribusi besar atas video berkualitas prima yang dihasilkan dengan Lumia 1020.

Objek pada video tampil bagus, sekalipun telah di-zoom hingga batas maksimal. Input suara yang direkam juga bisa dikatakan baik untuk ukuran sebuah smartphone.

Penasaran seperti apa hasil video dari Lumia 1020? Di bawah ini adalah sample video yang direkam pada saat acara malam puncak Hut 12 tahun Trans Media beberapa waktu yang lalu.

Daya tarik terbesar dari Lumia 1020 adalah kamera yang punya resolusi ekstra besar, 41MP. Tidak hanya besar di resolusi, hadirnya optik ZEISS, OIS, dan juga Xenon flash juga memberikan nilai tambah tersendiri.

Soal kualitas foto, hasil yang didapatkan lewat smartphone ini memang luar biasa. Baik dalam kondisi cahaya yang ideal atau tidak, foto yang dihasilkan tetap tampil prima.

Kemampuan untuk melakukan reframe pada Nokia Pro Cam juga menjadi highlight tersendiri yang membedakan Lumia 1020 dengan para pesaingnya.

Spesifikasi prosesor dan RAM memang biasa saja. Akan tetapi itu semua sudah cukup untuk membuat Lumia 1020 ini mampu beroperasi dengan baik. Baterai pun terbilang awet meskipun hanya berkapasitas 2.000 mAh.

Hal yang menjadi poin minus pada Lumia 1020 adalah antara lain adalah layarnya. Bezel yang begitu lebar memangkas luas layar menjadi hanya 4.5 inch. Bodinya yang tebal juga membuat lumia 1020 ini terasa sangat sesak saat dimasukan ke dalam saku.

5. Kesimpulan
Daya tarik terbesar dari Lumia 1020 adalah kamera yang punya resolusi ekstra besar, 41MP. Tidak hanya besar di resolusi, hadirnya optik ZEISS, OIS, dan juga Xenon flash juga memberikan nilai tambah tersendiri.

Soal kualitas foto, hasil yang didapatkan lewat smartphone ini memang luar biasa. Baik dalam kondisi cahaya yang ideal atau tidak, foto yang dihasilkan tetap tampil prima.

Kemampuan untuk melakukan reframe pada Nokia Pro Cam juga menjadi highlight tersendiri yang membedakan Lumia 1020 dengan para pesaingnya.

Spesifikasi prosesor dan RAM memang biasa saja. Akan tetapi itu semua sudah cukup untuk membuat Lumia 1020 ini mampu beroperasi dengan baik. Baterai pun terbilang awet meskipun hanya berkapasitas 2.000 mAh.

Hal yang menjadi poin minus pada Lumia 1020 adalah antara lain adalah layarnya. Bezel yang begitu lebar memangkas luas layar menjadi hanya 4.5 inch. Bodinya yang tebal juga membuat lumia 1020 ini terasa sangat sesak saat dimasukan ke dalam saku.

Dengan berjalan pada OS yang masih minim aplikasi, tentu membuat sebagian orang berpikir ulang sebelum meminang salah satu smartphone andalan Nokia ini.

Akan tetapi jika Anda memang pengguna setia Windows Phone atau orang yang mencari smartphone dengan kualitas kamera luar biasa, maka Lumia 1020 ini layak untuk dibawa pulang.

Plus:
+ Kamera smartphone terbaik saat ini
+ Build Quality yang solid
+ Baterai tahan lama

Minus
- Bodi yang tebal
- Layar sempit

Spesifikasi
Dimensi: 130.4 x 71.4 x 10.4 mm
Layar : 768 x 1280 pixels, 4.5 inch (332 ppi)
Kapasitas Penyimpanan Internal : 32 GB tanpa slot micro SD
Kamera : 
Utama: 41 MP Carl Zeiss optics, optical image stabilization,  Xenon & LED flash
Depan: 1.2 MP
Video : 1080p, 30fps(Kamera utama) dan 720p, 30fps(Kamera Depan)
Prosesor dan RAM: Dual-core Qualcomm Snapdragon S4 1.5 GHz,  RAM 2GB
GPU: Adreno 225
OS: WP 8 dan bisa upgrade ke WP 8 Amber

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Kirim Iklan
Press Esc to close
Copyright © 2013 Toko Handphone Ponorogo All Right Reserved