Jumat, 22 November 2013

Rahasia Sukses KakaoTalk: Mau Belajar dari Kesalahan

Rahasia Sukses KakaoTalk: Mau Belajar dari Kesalahan Label: kakaotalk, messenger, smartphone

CEO Kakao Talk Sejak dirilis 18 Maret 2010, KakaoTalk kini telah digunakan oleh lebih dari 120 juta orang di seluruh dunia. Layanan messagi...

CEO Kakao Talk
Sejak dirilis 18 Maret 2010, KakaoTalk kini telah digunakan oleh lebih dari 120 juta orang di seluruh dunia. Layanan messaging asal Korea Selatan ini pun sudah merambah platform iOS, Android, BlackBerry, dan Windows Phone.

Namun tak ada kesuksesan yang diraih dengan instan. KakaoTalk pun menjajaki serangkaian proses dan beberapa kali sempat gagal. CEO KakaoTalk Sirgoo Lee bahkan menyebut perusahaannya belajar banyak dari kegagalan.

Di salah satu sesi Startup Asia Jakarta 2013, ada lima hal yang diungkap Sirgoo, mengenai rahasia jatuh bangun KakaoTalk hingga akhirnya kini bisa menggaet pasar global.

Hal pertama adalah belajar dari kesalahan. KakaoTalk sempat terseok-seok dalam dua tahun pertamanya. Aplikasi yang mereka buat sempat tidak laku. Dari sini, Sirgoo dan timnya segera berpikir untuk mendengarkan keinginan user.

Kedua, KakaoTalk pun melakukan pembenahan dari sisi teknis dengan mempekerjakan software engineer terbaik. Diklaim Sirgoo, KakaoTalk punya banyak software engineer berbakat yang dapat diandalkan. Ini sangat membantu mereka melawan kompetitor.

Ketiga, kultur yang terbuka. Diakui Sirgoo, Korea terkenal dengan hierarkinya yang kuat. Kultur tertutup seperti ini tidak bisa membawa mereka merangkul pasar global. Itu sebabnya, KakaoTalk pun mengadopsi kultur Amerika yang lebih terbuka dan santai. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan nama layanan yang berbau Amerika.

Keempat, lingkungan kerja yang baik menurutnya adalah faktor pendukung pertumbuhan KakaoTalk yang tak bisa dikesampingkan. Dia pun mengatakan semua karyawannya terbuka dan berbagi informasi dengan sesama karyawan adalah hal yang penting.

"Kami mendorong tim untuk meninggalkan komentar dan pandangan mereka tentang karyawan lain di jaringan internal kami. Ini membantu kami tumbuh," ujarnya.

Terakhir, basis pengguna loyal yang sangat diperhatikan. "Kami menjalin komunikasi yang erat dengan user kami," kata Sirgoo. Dikatakannya, bagian dari proses pengembangan produk di KakaoTalk melibatkan pandangan dan pendapat dari user.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Kirim Iklan
Press Esc to close
Copyright © 2013 Toko Handphone Ponorogo All Right Reserved